Beri Pengemis Kena Denda Rp 500 Ribu

Jum'at, 29 November 2013 11:50
Beri Pengemis Kena Denda Rp 500 RibuMemberi uang kepada pengemis akan dikenakan denda @muslimdaily.net
Demi tercapainya target Jakarta Bebas Pengemis 2014, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan sanksi tegas kepada masyarakat yang memberikan uang kepada pengemis di jalanan.

"Kita harus menghukum yang ngasih, orangnya yang kasih ke pengemis harus dihukum," kata Ahok saat ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (28/11), seperti yang dikutip dariĀ Inilah.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menegaskan jika pihaknya akan segera menegakkan Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 40, yang selama ini masih sebatas aturan.

Dalam pasal 67, pelanggar terancam pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 20 juta. Namun, Ahok menginginkan sanksi denda dinaikkan menjadi minimal Rp 500 ribu.

"Itu udah ada Perdanya, jadi kalau kamu kasih ke pengemis kamu yang ditilang. Polisi sudah janji akan perluas hukuman-hukuman, nanti hukuman dari situ bisa diperluas orientasinya untuk ke pengemis. Nanti yang ngasih duit sama pengemis. Sama anak-anak di perempatan kita denda Rp 500 ribu sesuai Perda," tegasnya.

Ahok menjelaskan jika memberikan uang kepada pengemis bukanlah cara untuk mengatasi persoalan pengemis dan gelandangan. Hal ini malah memperparah kondisi pengemis karena membuat mereka menjadi malas dan tidak mau bekerja.

"Karena sumbangan kamu, uang kamu justru merusak mental mereka. Niat kamu memang baik ngasih uang, tapi akibatnya buruk buat banyak hal. Mereka jadi malas dan nggak mau kerja," tandas Ahok.
(ec)
Komentar