5 Langkah Perbaiki Motor Usai Terobos Banjir

Kamis, 16 Januari 2014 15:15
5 Langkah Perbaiki Motor Usai Terobos BanjirIlustrasi @albasun.com
Banyak motor yang mogok karena nekat menerobos banjir. Inilah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki motor setelah terendam banjir, seperti yang dikutip dari Astraworld dan VivaNews.

Buka mesin

Mulai dari bak oli (crank ase), bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator (non injeksi). Sedangkan untuk motor jenis matik pastikan komponen di balik bak CVT tidak terkena air. Jika ada terdapat air dalam mesin atau karburator, tarikan sepeda motor akan menjadi brebet atau bisa mati mendadak.

Bersihkan semua komponen dengan bensin

Sebaiknya semua semua komponen direndam dalam bensin atau cairan penetral dan keringkan, agar kotoran yang menempel seperti pasir dan tanah bisa hilang sekaligus menghilangkan karat. Jika kurang berpengalaman, kalian bisa menyerahkan hal ini kepada mekanik yang lebih berpengalaman.

Ganti oli mesin

Wajib ganti oli mesin dengan yang baru. Dikhawatirkan kondisi oli sudah tercampur air.

Periksa sistem kelistrikan

Buka semua komponen kelistrikan sepeda motor seperti sakelar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam. Jika tidak segera dibuka bisa berdampak korosi dan menyebabkan korsleting.

Apabila komponen listrik sudah dibuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Setelah itu pasang kembali komponen mesin dan listrik, dan lakukan pengetesan.

Periksa rem

Periksa rem belakang (terutama teromol) yang kemungkinan mengunci pasca terendam air. Karena masalah rem belakang yang mengunci sendiri usai menerobos genangan air cukup sering terjadi. Biasanya penyebabnya karena kanvas rem yang basah atau lembab. Kondisi ini menyebabkan lengket ketika menempel pada permukaan teromol.

Untuk mengatasinya, usai dicuci segeralah main-mainkan rem beberapa saat dengan kondisi motor berjalan untuk mengeringkan ruangan teromol dan permukaan kanvas rem.
(ec)
Komentar