Jokowi Mundur Dari Jabatan Gubernur DKI Siang Ini

Kamis, 02 Oktober 2014 09:45
Jokowi Mundur Dari Jabatan Gubernur DKI Siang IniJokowi akan menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta @tempo.co

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menyampaikan pidato pengunduran dirinya di hadapan anggota DPRD DKI, Kamis (2/10) pukul 11.00. Rapat paripurna kali ini meniadakan tanggapan dari fraksi-fraksi.

"Jadi setelah ketok palu dibukanya rapat, Pak Jokowi akan langsung menyampaikan pidatonya. Setelah itu, langsung ketok palu rapat ditutup," kata Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi saat rapat pimpinan untuk membahas proses pengunduran diri Jokowi, dikutip dari Tribunnews, Selasa (30/9).

Pras yakin Jokowi tidak akan menghadapi hambatan dalam sidang pengunduran dirinya nanti. Kalo pun ada, 20 Oktober depan Jokowi tetap dilantik sebagai Presiden.

"Pak Jokowi kalau dihambat takutnya nanti merangkap jabatan. Walaupun tidak ada aturan yang dilanggar. Pak Jokowi kan punya tanggung jawab terhadap 70 Juta orang Indonesia," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Namun jawaban berbeda datang dari Wakil Ketua DPRD DKI Abraham "Lulung" Lunggana. Ia berpendapat proses pengunduran diri Jokowi masih belum bisa dipastikan.

"Paripurna ya tetap jadi besok. Tapi kalau Jokowi mundur belum tentu," ucap Lulung, Rabu (1/10/2014).

Dengan mundurnya Jokowi, maka secara otomatis dan dijamin UU, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menggantikannya. Namun, Ahok tidak serta merta dilantik saat itu juga.

(Nay)
Komentar