Semangat Anti Kekerasan U2 di Video Klip Every Breaking Wave

Selasa, 24 Februari 2015 18:30
Semangat Anti Kekerasan U2 di Video Klip Every Breaking WaveVideo klip U2 - Every Breaking Wave @youtube.com
Band asal Irlandia, U2 baru saja merilis album terbaru berjudul Songs of Innocence. Belum lama ini mereka juga meluncurkan video klip untuk single baru bertajuk Every Breaking Wave. Video klip Every Breaking Wave mengisahkan kekerasan yang terjadi di Irlandia Utara tahun 80an.

Aoife McArdle memakai klip Every Breaking Wave menjadi footage dari film pendeknya dengan judul sama yang berdurasi 13 menit. McArdle merupakan sutradara yang lahir di Belfast.

Videonya sudah rilis sejak awal Februari lalu. Selain itu juga ada lagu bertajuk The Troubles yang dipakai untuk promo serial zombie populer, The Walking Dead.

Every Breaking Wave diawali dengan adegan moshing dan crowdsurfing di sebuah parade punk. Kemudian ada seorang skinhead dan gadis yang berpandangan dan saling jatuh cinta.

Namun sayang, mereka terpaksa berpisah karena berbeda prinsip. Hal semacam itu sudah umum terjadi di Irlandia utara sekitar tahun 1960 hingga akhir 90an. Perselisihan antar agama menjadi hal yang wajar terjadi di sana kala itu.

U2 tampaknya ingin menyampaikan pesan, bahwa meski sekarang kondisi sudah lebih kondusif, akan lebih baik jika kekerasan yang pernah ada di masa lalu tak terulang lagi di masa sekarang.
(hdk)
Komentar