10 Tips Membuat Blog Menarik

Senin, 23 Maret 2015 17:30
10 Tips Membuat Blog MenarikIlustrasi @thesaleslion.com
Seiring dengan berjalannya waktu yang membuat media sosial semakin berkembang, popularitas juga masih bertahan sejak saat ini. Masih banyak orang dan institusi yang menggunakan blog karena menganggap blog lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jumlah pengunjung adalah sebuah indikasi bahwa blog tersebut sukses. Banyaknya pengunjung nantinyua dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik utama untuk menarik pengiklanan. Berikut hal-hal yang dapat membuat blog Anda mendapat perhatian khusus pengunjung

1. Menentukan Tujuan Blog

Pastikan Anda telah mempunyai sebuah tujuan membuat blog tersebut, Anda bisa membuat blog yang terkait dengan hal-hal umum atau Anda juga dapat menjadi spesialis di satu bidang.

Dharmesh Shah, pendiri dan Chief Technology Officer dari HubSpot, mengatakan, "Tuliskan hal-hal yang cukup berguna sehingga orang-orang akan membagikan berita Anda di media sosial, karena pada akhirnya, hal inilah yang akan meningkatkan traffic blog Anda."

HubSpot sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang internet marketing.

2. Menulis Artikel Yang Menarik

Buat artikel semenarik mungkin. Tulis artikel yang mengundang kontroversi dan perdebatan, atau Anda juga bisa membuat artikel yang sedang gencar saat itu, dengan gaya informasi yang berbeda.

3. Pots Artikel Secara Rutin

Usaha yang keras memang sangat dibutuhkan untuk menjadi penulis yang sukses. Konsisten adalah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Semakin jarang Anda membagikan artikel, akan semakin berkurang juga orang yang akan mengunjungi blog Anda.

4. Tulis Artikel Pendek

Sesekali Anda harus membuat artikel pendek untuk mengurangi resiko pembaca yang bosan dengan tulisan yang panjang.

Berkomunikasilah dengan para pembaca blog Anda dan berpartisipasilah dalam blog-blog lain. Balas komentar yang Anda terima. Dengan berkomunikasi dengan baik dan berpartisipasi dengan blog lain, maka blog Anda akan terekspos secara otomatis oleh orang-orang yang terlibat komunikasi dengan Anda. Sangat baik jika Anda juga mengirim komentar kepada artikel yang ada di blog lain, juga bertanya mengenai apa yang Anda belum tau.

5. Dorong Pembaca Untuk Menggunakan RSS Feed

Dengan pembaca menggunakan RSS, maka setiap kali Anda menulis artikel baru, maka mereka akan menerima sebuah pemberitahuan. Dengan begitu mereka akan selalu dapat membaca artikel terbaru Anda.

6. Post Artikel Pada Hari Kerja

Alihkan perhatian pembaca Anda dari kerja mereka. Pada hari Minggu kemungkinan besar para pembaca Anda bahkan tidak online.

7. Memanfaatkan Media Sosial

Mempromosikan blog Anda di media sosial seperti Facebook atau Twitter merupakan langkah yang cukup bagus untuk menambah jumlah pengunjung. Anda juga dapat menambahkan 'Bagikan di Facebook' atau 'Tweet ini' pada artikel Anda juga sangat penting bagi blog Anda. Dengan semakin mudah pengunjung untuk membagikan artikel Anda, semakin banyak pula yang akan membagikannya. Memasukkan tombol-tombol berbagi pada blog adalah sebuah investasi yang hanya dilakukan sekali namun hasilnya akan mengalir.

8. Pastikan Konten Mudah Ditemukan SEO

SEO merupakan singkatan dari Searh Engine Optimization. Kata kunci dalam judul dan isi artikel Anda sebaiknya dari kata yang biasanya digunakan kebanyakan orang, hal tersebut akan memudahkan pencari untuk merujuk ke blog Anda.

Dharmesh Shah mengatakan jika semakin awal kata kunci tersebut muncul, maka semakin besar sinyal yang didapatkan oleh Google.

Shah juga merekomendasikan agar judul tidak melewati 120 karakter untuk mempermudah pengunjung membagikannya di Twitter atau media sosial yang membatasi jumlah karakter postingan.

9. Buat Blog Menarik Untuk Dilihat

Untuk hal ini Anda dapat memilih tema yang menarik, sertakan juga video, polling, foto atau berbagai elemen visual yang lain.

10. Aktif Berkomunikasi

Membalas komentar yang masuk ke artikel Anda merupakan hal yang harus Anda lakukan. Anda harus menyikapi positif tiap komentar yang masuk, meski tidak jarang nantinya akan banyak komentar negatif yang Anda peroleh. Jika tidak, pengunjung akan mencari tempat lain untuk membahas artikel Anda.
(MKS)
Komentar