Maraton Paling Ekstrem di Dunia: Marathon des Sables

Sabtu, 08 Agustus 2015 21:30
Maraton Paling Ekstrem di Dunia: Marathon des SablesMarathon des Sables @marathondessables.com
Marathon des Sables, mungkin bisa dibilang lomba lari maraton paling ekstrem sedunia. Perlombaan tersebut menempuh perjalanan 6 hari, suhu panas 37 derajat celcius, serta jarak tempuh mencapai 251 Km.

Salah satu kompetisi paling berat tersebut menjadi ajang tahunan sejak 1986 di Gurun Sahara, Maroko setiap bulan April. Ajang tersebut merupakan kompetisi tradisional untuk menguji ketahanan tubuh dan batas peserta.

Sebagai gurun pasir terluas di dunia, tentu yang menjadi kendala selain jaraknya adalah cuaca yang sangat ekstrem kala siang hari dalam malam hari yang begitu berbeda.

Pada titik tertinggi, suhu di Gurun Sahara bisa mencapai 40 derajat celcius, sementara di titik terendah bisa sampai 10 derajat celcius.

Marathon des Sables ini sangat tidak disarankan untuk penderita lemah jantung. Selain itu peserta juga dianjurkan hanya membawa perlengkapan yang sangat dibutuhkan saja, karena membawa banyak barang akan menjadi beban yang menyulitkan.

Hebatnya, kompetisi yang awalnya hanya diikuti oleh 23 orang peserta ini kini telah mendunia dan menjadi daya tarik seseorang. Pesertanya saat ini mencapai 12 ribu orang, bahkan untuk bisa mengikutinya dibutuhkan waktu dua tahun untuk mengantre pendaftaran. Wow!

Lihat beberapa fotonya di bawah ini!

(mks)
Klik foto untuk melihat ukuran besar
Komentar