Makan Karbohidrat Malam Hari Bikin Gemuk?

Rabu, 26 Agustus 2015 05:00
Makan Karbohidrat Malam Hari Bikin Gemuk?Ilustrasi Karbohidrat @mencengangkan.blogspot.com
Azmina Govinji dalam harian Dailymail, Pakar diet mengungkapkan bahwa, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan konsumsi karbohidrat di malam hari akan menambah berat badan. Masalahnya ada pada jumlah asupan kalori dan jumlah yang terbakar setiap hari.

Akan tetapi, dia juga tidak menampik bila karbohidrat merangsang bahan kimia tubuh, tryptophan yang membuat kita mudah mengantuk dan menenangkan saraf. Tapi hal ini tidak menyimpulkan kalau karbohidrat bisa membuat tubuh makin tambun.

"Pada tahap tidur, tubuh kita menjadi aktif secara metabolik dan membakar lemak. Hanya saja makan sebelum waktu tidur akan membuat makanan menjadi sampah," katanya.

Matt Hodges, pelatih kebugaran setuju bahwa konsumsi karbohidrat di malam hari dapat membantu otot menggunakan glikogen, bahan bakar otot kita butuhkan, untuk latihan keesokan harinya.

Studi pada 2011 membuktikan, peneliti Israel menguji 70 relawan yang dibagi dua kelompok. Satu kelompok makan karbohidrat seharian penuh dan kelompok lainnya mengonsumsi karbohidrat di malam hari. Dalam waktu enam bulan, yang gemuk justru mereka yang mengonsumsi karbohidrat seharian.

Govinji mengatakan, Anda bisa memilih porsi makan seukuran kepalan tangan untuk karbohidrat seperti gandum sebelum tidur. "Yang terbaik beras merah dan kentang manis atau bubur gandum yang dimasak dengan susu skim yang rendah lemak dan tinggi vitamin B," katanya.
(De)
Komentar