Menipu, Seperti Inilah di Balik Foto Indah Ala Instagram

Kamis, 15 Oktober 2015 17:30
Menipu, Seperti Inilah di Balik Foto Indah Ala InstagramIlustrasi foto Instagram @socialmediaweek.org
Sejauh ini, kepopuleran Instagram sebagai aplikasi berbagi foto memang sangat mengagumkan. Hampir setiap pengguna smartphone telah memiliki aplikasi milik Facebook ini.

Kebanyakan dari mereka juga mengunggah foto menawan yang indah memperlihatkan berbagai kegiatan seperti berlibur di pantai, jalan-jalan, hingga di atas gedung dengan pemandangan luar biasa.

Akan tetapi tahukah Anda jika dari foto-foto menakjubkan tersebut ternyata ada kata 'edit' yang terlalu berlebihan sehingga tampilan foto menjadi jauh dari kenyataannya.

Mengedit foto jelek menjadi bagus adalah hal yang lumrah di Instagram karena media sosial ini memiliki beragam fitur edit yang canggih dan bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Di samping itu, kebiasaan mengirim foto 'tak jujur' tersebut ternyata mulai dipermasalahkan oleh banyak kalangan. Mereka dianggap tidak mencerminkan kehidupan sehari-hari dan memicu pengguna lain menjadi tidak bahagia.

Salah satu orang yang paling membenci foto editan adalah fotografer asal Thailand bernama Chompoo Bartitone. Ia membuat sebuah petisi bertajuk 'SlowLife' mengungkapkan fakta sebenarnya dibalik kebanyakan foto Instagram.

Dalam petisi tersebut ia menyertakan gambar Instagram yang mengagumkan secara keseluruhan. Hasilnya, tentu kita tahu betapa 'biasa' pemandangan yang sebenarnya sebelum di-edit.

Tampilan gambar secara menyeluruh ini tujuannya adalah untuk memperlihatkan sudut pandang Instagram sesungguhnya mempersempit kenyataan. Salah satu contoh dari foto tersebut adalah adanya sebuah laptop Apple dengan kamar yang bersih. Namun ketika dilihat semuanya, maka kita bisa melihat jika kamar tersebut benar-benar kacau.

Chompoo sendiri saat ini adalah seorang mahasiswa fotografi di King Mongkut Institute of Technology Ladkrabang (KMITL), Bangkok, Thailand.

Berikut ini foto-foto karya Chompoo yang mendapatkan ribuan tanda jempol di media sosial Facebook!

(mks)
Klik foto untuk melihat ukuran besar
Komentar