Inilah Penyebab Server Situs Down

Rabu, 21 Oktober 2015 14:30
Inilah Penyebab Server Situs DownIlustrasi Penyebab Server Situs Down @reddit.com
Meningkatnya jumlah kunjungan ke sebuah situs tentu sangat diharapkan oleh pengelola situs.

Tapi, apa yang terjadi jika tanpa sengaja banyak orang yang mengakses situs anda secara bersamaan? Server situs akan mengalami gangguan tidak bisa di akses atau yang biasa di sebut server down.

Seperti hal yang dialami Craig Hockenberry, Kepala Insinyur perusahaan pengembang kecil Iconfactory di North Carolina, AS.

Dilansir The Guardian, pada Jumat 23 Januari 2015 server utama Iconfactory tiba-tiba mendapat kunjungan 13 ribu pengguna per detik secara bersamaan dan diketahui akses pengguna yang masuk itu berlokasi dari China.

Kejadian ini membuat server Iconfactory langsung down dan dalam waktu beberapa jam tidak dapat di akses. Perusahaan menduga, akses pengguna yang masuk sebenarnya bukan ingin ke situs perusahaannya, tetapi ingin ke situs YouTube, Facebook, Twitter karena china telah memblokir situs-situs tersebut.

"Jelas ada beberapa masalah dengan trafik ke tempat yang salah. Yang paling mungkin tentu adalah (kesalahan) sistem penamaan domain (DNS)," kata Hockenberry.

Dengan kejadian itu Hockenberry memutuskan untuk menolak dengan terpaksa puluhan ribu kunjungan tersebut.

"Saya adalah pendukung keterbukaan akses internet. Tapi saya tidak memutuskan memblokir trafik dari orang yang tak bersalah.
Tapi dalam kasus ini, satu hal yang berbeda,"kata Hockenberry.

Hockenberry menganggap akses itu bisa mengarah ke serangan mematikan atau biasa disebut distributed denial of service (DDoS).

DDos adalah serangan yang paling simple di lakukan namun efeknya sangat berbahaya, situs-situs besar seperti yahoo.com, ebay.com,
hotmail.com, e-gold.com, 2checkout.com dan lain-lain pernah mengalami serangan yang mengakibatkan situs nya tidak bisa di akses selama beberapa jam.

Hockenberry semakin kaget saat menyadari situs lain juga mengalami hal serupa, dan uniknya trafik itu muncul bersamaan saat menjelang akhir Januari dan tujuannya memang melancarkan serangan DDoS.

Laman The Register melaporkan bahwa akses yang mencurigakan ini, kemungkinan diakibatkan oleh kesalahan DNS.

Kesalahan ini membuat pengguna tak dapat mengakses situs atau menggunakan media sosial serta layanan pesan instan dalam waktu beberapa jam.
(De)
Komentar