Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Jum'at, 30 Oktober 2015 23:15
Menghapus Virus di Android Tanpa AntivirusSmartphone Android @fastcompany.com
Tak dapat dipungkiri jika perangkat Android sangatlah rentan terhadap serangan virus atau malware yang kebanyakan terdapat pada aplikasi. Namun virus-virus itu biasanya mudah dikeluarkan menggunakan antivirus.

Namun bisakah membersihkan virus di perangkat Android tanpa menggunakan antivirus? Bukan tidak mungkin perangkat Anda mengalami kondisi di mana tidak bisa menggunakan antivirus, seperti jika antivirus tersebut juga terdapat virus.

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi virus adalah melakukan factory reset, namun dengan begitu Anda juga berisko kehilangan data. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan virus tanpa menggunakan antivirus dan tidak melakukan factory reset.

1. Masuk ke Safe Mode



Safe mode akan memudahkan Anda mengakses perangkat karena hanya aplikasi sistem yang dijalankan. Saat di dalam mode ini, pengguna bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, serta memudahkan memantau dan membersihkan file tidak penting.

Untuk masuk ke mode ini, kebanyakan smartphone Android menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting.



2. Cek Aplikasi di Safe Mode

Cara melakukan cecking pada aplikasi yang terpasang di perangkat Android adalah masuk ke Setting --> Apps --> Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di mode Safe Mode.



Karena virus masuk ke dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga yang tidak pernah Anda install. Anda bisa menghapusnya dengan mudah setelah mengetahui aplikasi virus tersebut.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Jika Anda menemui aplikasi aneh yang tak pernah Anda install, sebaiknya Anda menghapusnya untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Pada beberapa kasus, aplikasi tidak bisa dihapus karena memiliki akses administrator.



4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing

Untuk menemukan pengelolaan administrator ini Anda bisa pergi ke Setting --> Security --> Device Administrator. Hilangkan akses admin pada aplikasi mencurigakan yang keamanannya tidak terjamin.



Setelah itu Anda sudah bisa menghapus aplikasi mencurigakan tadi.

5. Keluar Safe Mode

Setelah menghapus aplikasi tersebut Anda sudah bisa merestart smartphone Android seperti biasa dan telah berhasil mengeluarkan virus tanpa bantuan antivirus.



Agar Anda tidak mengunduh aplikasi yang telah disusupi virus, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi di tempat yang terjamin keamanannya, seperti Google Play Store.

[Baca Juga: 3 Tempat Download yang Berbahaya untuk Android]

(mks)
Komentar