Tips Membuat Akun Instagram Kuliner Banyak Pengikut

Kamis, 17 Desember 2015 07:30
Tips Membuat Akun Instagram Kuliner Banyak PengikutMemotret makanan @mashable.com
Dari banyaknya akun Instagram, kita tahu bahwa salah satu akun yang paling banyak digemari oleh netizen adalah akun yang bertemakan kuliner.

Namun perlu diketahui jika akun Instagram bertema kuliner yang memiliki banyak respon dari netizen tentu tidak mengambil gambar makanan yang mereka tampilkan secara asal-asalan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan agar akun bertema kuliner Anda memiliki banyak pembaca, dilansir dari laman Pro Food Blogger, Senin (14/12/2015).

1. Jangan Menggunakan Lampu Flash

Cahaya natural akan lebih menarik dibanding dengan foto yang menggunakan flash. Meski sebenarnya flash cukup bagus untuk membuat objek lebih jelas dan terarah, namun cahaya flash tidak cocok jika digunakan untuk memotret makanan.

Flash akan menghasilkan sebuah kilauan yang mengganggu dan tentu membuat seluruh foto tampak datar, dua dimensi, kusam, serta tidak enak dilihat.

Namun jika menggunakan cahaya alami, maka Anda akan mendapatkan bayangan pada objek yang jauh lebih lembut dan alami, serta tidak ada kilauan yang mengganggu.

2. Angle Menarik dan Atur Jarak Dekat

Mengambil angle atau sudut yang menarik membuat gambar makanan lebih terasa. Terapkan pengambilan angle menarik ini dari berbagai jarak, mulai dari jarak dekat, tiga perempat, maupun mengambil gambar secara langsung dari atas objek (top-down).

Mengatur pembesaran (zooming) yang sangat dekat akan membantu menampilkan detil objek dan menciptakan ketertarikan. Dan kamera point-and-shoot atau kamera kompak paling modern memiliki setelan makro paling baik.

3. Manfaatkan Pengatur Waktu dan Tripod

Jika Anda menerapkan kondisi shooting jarak dekat (Makro), maka setiap pergerakan kamera akan berakibat pada mengurangnya kualitas hasil akhir pada foto, oleh karena itulah manfaatkan fungsi tripod sebagai penyetabil kamera.

Selain itu manfaatkan pula pengatur waktu, dengan demikian, Anda tidak akan melibatkan sentuhan yang akan mempengaruhi hasil akhir foto makanan yang sempurna.

4. Gunakan Software Edit Foto

Kebanyakan fotografer memang menganggap jika ide untuk menyesuaikan foto dengan software edit foto adalah hal yang memalukan. Mereka berpikir bahwa hasil terbaik dari sebuah foto adalah yang tanpa editan.

Kendati hal itu bagus, namun anggapan seperti itu sejatinya tidak sepenuhnya benar. Terlebih ketika seseorang masih dalam tahap belajar fotografi. Manipulasi dalam hal ini adalah trik penggandaan dengan Photoshop.

Caranya, buka Photoshop dan buat salinan latar belakang (background layer) foto Anda dengan menyeretnya ke ikon Copy Layer. Bisa juga Anda langsung menuju Layer --> Duplicate Layer.

Pada Layer baru ini ubah blending mode ke Overlay, dan kemudian turunkan Opacity secukupnya, jika kontras yang dihasilkan terlalu tinggi. Sesuaikan dengan keinginan Anda sehingga tampilan gambar menjadi lebih menarik dan enak dilihat.

Selamat mencoba!

(mks)
Komentar