Kim Jong Un 'Dihina' Lewat Emoji

Senin, 15 Februari 2016 11:45
Kim Jong Un 'Dihina' Lewat EmojiEmoji Kim Jong Un @cbc.ca
Perkembangan dunia teknologi telah memperluas media bagi siapa saja yang ingin melakukan protes. Aksi protes dan kritik terhadap suatu hal sekarang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan teknologi.

Seorang desainer web asal Houston, Amerika Serikat bernama Ben Gillin baru saja mengekspresikan kekesalannya terhadap pemerintahan Korea Utara karena menurutnya pemimpin negara tersebut melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Memanfaatkan keahliannya sebagai web desainer, Gillin menyindir pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dengan cara membuat aplikasi bernama Kimunji. Aplikasi tersebut menampilkan wajah kartun Kim Jong Un alias emoji.



Aplikasi Kimunji ini juga dilengkapi dengan emoticon berupa roket dan peluru kendali, serta lambang ledakan bom. "Semua ikon itu mewakili berita dan beragam ketakutan yang muncul ketika mendengar nama Korea Utara," ujar Gillin.

"Itu masalah yang sangat serius. Jika gurauan saya dalam aplikasi ini bisa menarik perhatian orang, baik yang serius atau yang bercanda, setidaknya saya bisa membuat mata dunia 'melihat' ke Korea Utara," tambahnya seperti dilansir BBC.

Ide pembuatan aplikasi ini menurut Gillin adalah terinspirasi oleh emoji milik pesohor Kim Kardashian. Dalam aplikasi itu ada lebih dari 500 ikon yang menunjukkan Kardashian, tidak hanya wajah, melainkan juga bentuk tubuh seksi yang kurang menyenangkan bagi Gillin.

"Konten aplikasi itu mengerikan. Saya membayangkan jika aplikasi itu dipakai oleh anak kecil, dan lalu meniru gaya Kim Kardashian tersebut," ungkapnya.

Gillin lalu menghabiskan empat jam untuk merampungkan seluruh emoji terkait Kim Jong Un dan Korea Utara. Nama Kimunji muncul dari nama aplikasi Kim Emoji yang baru saja ia lihat.
(mks)
Komentar