Baru, Pasta Serangga Terbuat Dari Belalang & Jangkrik

Minggu, 06 Maret 2016 06:00
Baru, Pasta Serangga Terbuat Dari Belalang & JangkrikPasta serangga dari jangkrik dan belalang @mirror.co.uk
Umumnya pasta atau spageti yang terbuat dari adonan tepung gandum semolina yang mengandung protein elastis tinggi, lalu bagaimana jika saat ini ada pasta yang terbuat dari serangga seperti belalang dan jangkrik?

Ya, di kota Thiefosse, kawasan timur laut Prancis sana, ada sebuah perusahaan yang membuat pasta dari tepung jangkrik dan belalang. Bahkan, pasta produksi perusahaan milik Stephanie Richard ini laris manis

Pasta serangga dari jangkrik dan belalang @mirror.co.uk

Usaha yang dilakoni Richard sejak 2012 lalu ini bahkan sampai merekrut banyak karyawan karena permintaan akan pasta serangga yang sangat tinggi.

"Serangga adalah sumber protein masa depan. Ini adalah protein berkualitas tinggi yang dicerna baik oleh tubuh," jelas Richard kala diwawancarai AFP, seperti dikutip dari Mirror.co.uk.

Pasta serangga dari jangkrik dan belalang @mirror.co.uk

Tak hanya Richard yang mengakui bahwa belalang memiliki kandungan protein dalam jumlah besar. PBB ternyata juga mengakui jika serangga memang punya potensi besar untuk jadi salah satu sumber makanan umat manusia di masa depan.

Dilansir dari Mirror.co.uk, proses produksinya, rupanya Richard menumbuk jangkrik dan belalang hingga menjadi adonan tepung. Tepung serangga yang jadi bahan pasta itu terkadang juga dicampur dengan jamur.

Proses produksi pasta serangga @mirror.co.uk

Richard juga menyebutkan komposisi pembuatan pasta serangga ini yaitu 7% tepung serangga yang dicampur dengan 93% tepung gandum organik.

Karena menggunakan tepung serangga, pasta karya Richard memang punya warna yang lebih cokelat. Sementara itu, pasta serangga ini dijual dengan harga sekitar GBP 4,7 (sekitar Rp 87 ribu) per 250 gram. Bahkan, pasta serangga ini hadir dalam jenis fusili, radiatori, penne dan tentunya spageti yang Anda sukai.
(De)
Komentar