7 Tips Hemat Belanja Bulanan

Minggu, 03 April 2016 08:00
7 Tips Hemat Belanja BulananIlustrasi belanja @thelala.com
Ketika waktu gajian telah datang, hal yang pasti Anda lakukan adalah belanja kebutuhan selama satu bulan. Tapi banyak orang yang tak pernah luput dari sifat boros!

Hal tersebut terkadang malah membuat Anda terbebani ketika akhir bulan. Nah, untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar hemat saat belanja keperluan bulanan:

1. Tulis daftar belanja

Hal ini berfungsi untuk mencegah kelupaan beli barang yang penting, tapi juga memberi batasan apa saja yang penting dan tidak penting untuk dibeli, sehingga Anda tidak kalap beli macam-macam.

2. Belanja sendiri

Belanja sendiri jauh lebih hemat dibanding berbelanja dengan keluarga atau teman. Sebab ketika Anda belanja sendiri, Anda hanya perlu membeli kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan dan sesuai dengan daftar belanja.

3. Manfaatkan diskon

Jika ada diskon pada barang yang selalu Anda butuhkan tiap bulan, tak ada salahnya beli 3-4 kali lipat dari yang biasanya Anda beli. Tapi pastikan tanggal kadaluwarsanya masih lama untuk sekian bulan ke depan agar tidak sia-sia.

4. Beli produk yang murah

Pilih produk dengan harga lebih bersahabat dengan kualitas hampir sama atau tak beda jauh dengan produk yang super mahal.

5. Beli buah dan sayur yang sedang musim

Beli buah dan sayur yang sedang musim panennya pasti lebih murah karena banyak ditemui di mana-mana. Beli sayur yang selalu ada tanpa musim, seperti kangkung, sawi, dan bayam, yang biasanya sangat murah.

Tapi pastikan beli secukupnya, karena sayur segar tidak tahan lama.

6. Jangan sering beli daging

Masak daging cukup 1-2 minggu sekali. Bahkan jika ada ikan, Anda juga bisa membelinya sebagai alternatif harga lebih miring.

7. Belanja saat perut kenyang

Hindari belanja saat perut lapar, karena kemungkinan besar Anda akan tertarik beli apa saja, terutama makanan atau camilan.

Mungkin Anda tak menyadarinya, tapi belanja dengan perut lapar terbukti membuat pengeluaran lebih besar karena seringkali Anda membeli barang yang tak dibutuhkan.
(De)
Komentar