Ciri Khas Gangguan Bipolar

Selasa, 05 April 2016 05:00
Ciri Khas Gangguan BipolarIlustrasi bipolar @dailysabah.com
Gangguan kejiwaan atau suasana hati yang kronis yang bisa dialami siapa saja baik laki-laki maupun wanita ini bahkan tak mengenal usia.

Bipolar memiliki beberapa sifat seperti episodik dan ditandai oleh gejala-gejala maniak, hipomaniak, depresi, dan campuran.

Sementara identifikasi dari gangguan bipolar sendiri dapat dikenali dari beberapa ciri-cirinya seperti hilangnya rasa senang dan minat, selalu gelisah, cemas, bahkan konsentrasi berkurang dan tidak percaya diri.

"Identifikasi spesifik yang mudah dipahami untuk penderita bipolar, seperti selalu merasa bersalah, nafsu makan berkurang dan selalu cemas. Bila hal tersebut terjadi, orang terdekat bisa mendatangi psikiater,"ujar psikiater dr. Yenni D.P, Sp.KJ saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan (2/4), dikutip dari viva.co.id.

Yenni menambhakan jika ciri-ciri tersebut bisa terbalik dan semakin parah. Penderita yang mengalami dua kondisi berlawanan ini mengidap bipolar disorder dengan level yang berbeda-beda.


Namun, level bipolar disorder berada dalam tingkat ekstrem. Bahkan jika penderita putus asa, mereka bisa berpikir hingga bunuh diri. Sementara saat bersemangat, penderita akan sangat berlebihan.
(De)
Komentar