3 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Pensiun Dini

Selasa, 05 April 2016 07:00
3 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Pensiun DiniIlustrasi pensiun dini @ncsl.org
Umumnya, pekerja Indonesia akan melakukan pensiun di usia 55 hingga 60 tahun. Namun beberapa pekerja juga ada yang melakukan pensiun dini di usia 40 tahun.

Jika Anda juga berencana melakukan pensiun dini, sebaiknya pikirkan dulu 3 hal penting berikut ini:

Rencana matematis

Pensiun dini tanpa rencana jangka panjang yang memadai sangat tidak dianjurkan. Setidaknya Anda telah mempersiapkan berapa banyak investasi pendapatan untuk hari tua, termasuk biaya asuransi kesehatan dan gaya hidup.

Untuk menentukannya Anda dapat menggunakan aplikasi kalkulator pensiun di sejumlah situs dunia maya.

Meningkatkan jumlah tabungan

Doug Nordman, pendiri The-Military-Guide.com, merekomendasikan menyimpan setidaknya 40 persen dari penghasilan Anda sejak usia 20 dan memiliki aset sebesar 25 kali pengeluaran mereka.

Hal didasarkan pada asumsi bahwa Anda akan menghemat jumlah itu selama 40 tahun dan bahwa Anda akan menghabiskan empat persen per tahun di masa pensiun.

Fokus pada pertumbuhan ekuitas

Calon pensiunan muda direkomendasikan membangun ekuitas melalui bisnis atau real estate yang melibatkan leverage alias uang pinjaman untuk mengakuisisi aset dengan tujuan meningkatkan laba atas investasi.

Berutang untuk mencapai kemandirian finansial memang terkesan berlawanan. Namun, utang yang menghasilkan pendapatan, seperti hipotek untuk sewa real-estate, dapat membantu Anda meningkatkan tabungan dan mengumpulkan pendapatan pasif.
(De)
Komentar