Sering Minum Minuman Berenergi Bikin Serangan Jantung

Selasa, 05 April 2016 06:00
Sering Minum Minuman Berenergi Bikin Serangan JantungIlustrasi minum minuman berenergi @telegraph.co.uk
Mungkin Anda juga salah satu dari sekian banyak orang yang gemar mengonsumsi minuman berenergi karena termakan iklan produk tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan ini sangat tidak baik dan berbahaya. Karena semua minuman berenergi yang populer di pasaran mengandung banyak sekali gula, kafein dan berbagai macam stimulan yang akan membuat Anda berenergi sekaligus membuat Anda merasakan pusing dan kelelahan seketika.

Dilansir dari The Huffington Post, Kafein dalam minuman berenergi memiliki dosis dalam jumlah banyak untuk mendorong tubuh membangun toleransi tubuh di mana sebenarnya untuk itu tubuh membutuhkan energi yang sesungguhnya dari nutrisi dan istirahat yang cukup.

Dampak berbahaya konsumsi minuman berenergi adalah memicu serangan jantung. Hal ini karena satu kaleng berukuran 480 mililiter minuman berenergi dapat membuat tekanan darah dan tingkat hormon norepnephrine di dalamnya jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum minum.

Hormon norepinephrine sendiri adalah hormon yang dilepas oleh kelenjar adrenal dan dapat meningkatkan tekanan darah.

Tak hanya itu saja, faktanya satu kaleng minuman berenergi, mengandung sekitar 240 miligram kafein dan beberapa stimulan lain seperti 2000 miligram taurine, ekstrak biji guarana yang punya kandungan kafein lebih tinggi dari biji kopi, serta akar ginseng dan milk thistle.

Yang paling mencengangkan lagi, dampak buruk konsumsi minuman ini adalah mampu mempengaruhi kesehatan mental. Sebuah studi yang dipublikasikan di JournalHealth Psychology, seseorang yang sering mengonsumsi minuman berenergi, punya kecenderungan untuk homofobia dan misoginistik, atau ketakutan dan perilaku negatif terhadap LGBT, serta kebencian seseorang terhadap wanita.
(De)
Komentar