3 Cara Mudah Mempelajari Bahasa Asing

Rabu, 06 April 2016 07:00
3 Cara Mudah Mempelajari Bahasa AsingIlustrasi bercakap dengan teman @youqueen.com
Memiliki kemampuan beberapa bahasa asing sangat bermanfaat terlebih untuk mencari pekerjaan atau bahkan sangat membantu Anda saat melakukan perjalanan berlibur atau traveling ke beberapa negara.

Namun selama ini banyak orang rela merogoh kocek untuk mempelajari beberapa bahasa asing dengan melakukan kursus. Padahal, ada beberapa cara sederhana yang bisa membantu Anda memperlancar bahasa asing tersebut.

Dilansir dari Mental Floss, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan agar pengetahuan bahasa Asing Anda bertambah dan semakin lancar:

1. Gunakan aplikasi

Mempelajari bahasa di smartphone adalah cara yang produktif untuk membunuh waktu. Mula-mula Anda bisa mengunduh aplikasi Memrise, di Play Store.

Memrise dikembangkan oleh seorang ahli di bidang teknik membantu ingatan, yang didesain tak hanya mengajarkan bahasa, namun memperkuatnya di memori otak.

Selain itu, bisa dicoba Duolingo, yang tak hanya dikemas dengan cara menarik untuk belajar bahasa asing, namun juga mengajarkan untuk listening dan speaking dalam bahasa asing.

2. Partner bercakap dalam bahasa asing

Berkumpul orang-orang yang punya keinginan besar mempelajari bahasa, dapat membantu Anda dalam bercakap-cakap menggunakan bahasa asing. Anda juga dapat menggunakan Conversation Exchange, aplikasi yang mempertemukan orang dari berbagai negara untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya.

Bahkan kini sudah banyak berkembang kelas khusus yang diadakan oleh komunitas yang mengajarkan bahasa Inggris dengan materi yang jauh lebih fleksibel menggunakan media seperti film, puisi atau bahkan makanan.

3. Baca, tonton, dengarkan

Teknik ini terbukti adalah metode sangat mudah untuk belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Kemudian coba baca berbagai buku dongeng untuk anak, karena di dunia barat, biasanya beberapa buku adalah buku wajib baca, misalnya Huckleberry Finn.

Buku populer yang tentu Anda sudah paham ceritanya juga bisa jadi pilihan. Coba untuk membeli Harry Potter dalam bahasa pilihan Anda. Membeli sebuah audiobook juga bisa jadi pilihan.

Atau tonton sebuah film bahasa Inggris tanpa menggunakan terjemahan, dan kemampuan bahasa Anda secara sederhana akan meningkat jika mengerti plot dari film tersebut.
(De)
Komentar