Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara

Kamis, 14 April 2016 05:00
Perbedaan Tumor dan Kanker PayudaraIlustrasi kanker payudara @wordpress.com
Benjolan pada payudara sering kali dianggap seperti momok bagi semua wanita. Sebab gejala atau tanda kanker payudara adalah adanya benjolan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa tak hanya kanker payudara, benjolan tersebut bisa saja tumor jinak yang bisa segera dioperasi. Sebenarnya, kanker dan tumor memiliki perbedaan pada gejala dan benjolan. Seperi apa? Berikut ulasannya:

Benjolan Tumor Lebih Lunak

"Benjolan kanker biasanya hanya di satu sisi payudara, biasanya keras. Tapi kalau benjolannya berjalan-jalan itu kista." ujar dokter spesialis Onkologi, Walta Gautama di FKM U.

Kista ini bisa juga diartikan sebagai tumor yang isinya cair. Saat diraba bisanya terasa lebih lunak. Tumor jinak ini sendiri tak mengakibatkan kegagalan organ yang dihinggapinya.

Benjolan Kanker Terasa Lebih Keras

Benjolan kanker itu jika ditekan akan terasa sakit. Selain itu, benjolan akan terasa lebih kerasa dan pinggirannya tidak rata.

Dilansir dari healthline.com, gejala awal kanker payudara meliputi perubahan bentuk puting payudara, payudara masih terasa sakit sekalipun tidak sedang menstruasi, keluar cairan berwarna bening, merah, cokelat, atau kuning dari puting, payudara kemerahan, bengkak, kulit iritasi, muncul rasa gatal, dan ruam di payudara tanpa alasan jelas, ada pembengkakan atau muncul benjolan di sekitar tulang selangka atau di bawah ketiak.

Jika benjolan kanker sudah parah, hal ini bisa menyebabkan perubahan di permukaan payudara seperti puting payudara jadi tertarik ke dalam karena terjadinya infiltrasi.

Menurut informasi dari dokter Walta, secara statistik kanker stadium 1 itu ditandai dengan benjolan berukuran 2 cm dengan peluang kesembuhan 100 persen.

Sementara kanker stadium 2 peluang kesembuhannya 80 persen dan kanker stadium 3 peluang sembuhnya 60 persen sedangkan stadium 4 tingkat kesembuhannya hanya 20 persen.
(De)
Komentar