Keluarkan Ingus Dengan Keras Bisa Picu Infeksi Sinus

Kamis, 14 April 2016 07:00
Keluarkan Ingus Dengan Keras Bisa Picu Infeksi SinusIlustrasi membuang ingus @youtech.nl
Ketika flu menyerang, biasanya orang akan merasakan hidung mampet atau buntu yang dipikir akibat dari ingus yang tak keluar. Padahal, tersumbatnya hidung ini akibat dari adanya pembengkakan dan inflamasi pembuluh darah di saluran pernapasan.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Dr Ayah Al Ayoubi, dokter THT dari Chase Farm Hospital, London mengungkapkan jika Anda mengalami hal tersebut, jangan sekali-kali mengeluarkan ingus dengan paksa dan keras.

Sebab, melakukan hal tersebut justru mendorong beberapa lendir infeksi ke dalam sinus yang menyebabkan besarnya risiko bakteri sekunder berkembang di sana.

Bahkan seorang wanita yang dilarikan ke UGD Leicester Royal Infirmary Hospital mengalami patah tulang hidung akibat mengeluarkan ingus dengan paksa dan keras.

Tak hanya itu saja, wanita ini juga mengalami pembengkakan mata akibat dorongan udara yang tak bisa keluar sehingga mengarah pada jaringan lunak di sekitaran mata.

Keadaan semakin parah ketika dokter mengatakan jika wanita ini bisa saja mengalami kebutaan akibat tekanan di matanya yang memicu hilangnya darah ke saraf optik.

Sementara jika menggunakan dekongestan dalam bentuk tablet atau semprotan yang mampu mengembalikan kondisi saluran pernapasan pada hidung seperti semula ini perlu dihindari bagi mereka yang menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, glaukoma, atau diabetes.

Sebab, kandungan di dalamnya juga memiliki perangsang yang membuat jantung berdetak lebih cepat.
(De)
Komentar