10 Tanda Wanita Dalam Masa Subur

Jum'at, 15 April 2016 05:00
10 Tanda Wanita Dalam Masa SuburIlustrasi wanita @freshwallpapers.net
Bagi Anda pasangan suami istri yang ingin segera memiliki buah hati, waktu bercinta paling tepat adalah saat wanita dalam masa subur atau masa ovulasi.

Lantas bagaimana cara mengetahui wanita Anda sedang dalam masa subur atau tidak? Nah untuk menjawab hal ini, berikut ada beberapa tanda-tanda wanita dalam masa subur seperti dilansir dari health:

1. Indera penciuman jadi super tajam

Semasa periode subur indera penciuman wanita lebih sensitif, sebagaimana disebutkan dalam sebuah studi yang ada di jurnal Hormones and Behavior (2013).

Ketika masa subur wanita lebih sensitif terhadap androstenone dan androsterone, yakni feromon manusia yang ditemukan dalam keringat dan urin pria, dibandingkan dengan wanita yang minum pil KB.

2. Lebih peka terhadap radar deteksi gay

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychological Science (2011) menunjukkan bahwa ketika sekelompok mahasiswa wanita diminta melihat 80 foto pria, separuhnya orientasi seksual normal dan sisanya gay, mereka secara akurat mampu membedakan kedua kelompok itu hanya ketika kondisi mereka sedang dalam masa ovulasi.

Nicholas Rule, salah satu tim penulis studi sekaligus profesor psikologi dari University of Toronto, Kanada, menyatakan bahwa kemampuan wanita mendeteksi mana pria normal dan tidak terletak di perubahan hormonal mereka.

3. Wajah lebih cerah memikat

Menurut studi dari University of Cambridge, Inggris (2015), wanita akan mengalami perubahan warna kulit sepanjang siklus menstruasi dan identik dengan wajah kemerahan saat masa subur.

Perubahan ini nyaris tidak terdeteksi oleh mata manusia, tapi para peneliti menduga itu terkait perubahan lain dalam penampilan atau perilaku, karena penelitian lain telah menemukan bahwa pria menilai wanita lebih menarik saat masa subur.

4. Suara dan cara berpakaian berubah

Menurut studi dari University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat (2009), wanita lebih feminin dan tinggi dalam bersuara ketika dia dalam masa subur.

Hal ini dikaitkan dengan hasil studi sebelumnya dalam Evolution & Human Behavior yang menemukan bahwa suara wanita dinilai lebih menarik dan seksi ketika masa subur.

"Kami juga menemukan bahwa wanita menunjukkan banyak perubahan perilaku selama ovulasi, termasuk berpakaian dan berjalan yang berbeda, yang jika semua itu disatukan akan menunjukkan status mereka yang sedang subur," jelas Greg Bryant, psikologi di Center for Behavior, Evolution and Culture UCLA, sekaligus penulis studi di atas.

5. Lebih mudah berhenti merokok

Studi tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita sangat gemar merokok ketika masa menstruasi selesai.

"Mungkin rendahnya level estrogen dan progesteron memburuk seiring dengan adanya interaksi dengan neurotransmitter otak lain yang memicu rasa ingin merokok," jelas salah satu tim studi, Adrianna Mendrek, sekaligus psikolog dari University of Montreal, Kanada.

Namun, saat mereka dalam masa subur, kedua hormon tersebut sedang tinggi-tingginya sehingga hasrat merokok menurun drastis.

6. Kondisi asma tidak memburuk

Sebuah studi di Norwegia (2012) menunjukkan bahwa asma akan membaik ketika masa ovulasi. Mereka meneliti gejala tersebut pada hampir 4.000 wanita selama siklus menstruasi.

Mereka menemukan jika asma dan sesak napas terjadi intens selama dua minggu pertengahan bulan (atau ketika estrogen sedang tinggi-tingginya), keduanya akan membaik saat ovulasi (kira-kira pada hari ke-14 sampai ke-16).

7. Kadar kolesterol menurun

Menurut sebuah studi National Institutes of Health (2010) yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menunjukkan jika Anda ingin periksa kadar kolesterol, jangan lakukan sebelum masa subur. Pasalnya, kadar kolesterol sebelum masa subur adalah kadar tertinggi.

8. Merasa lebih kompetitif dengan wanita lain

Dalam sebuah studi tahun 2014, meneliti wanita dalam masa subur dan memainkan dictator game, di mana mereka diberi sejumlah uang untuk dibagi dengan wanita lain.

Hasilnya mereka yang dalam masa subur hanya akan membagi setengahnya saja kepada yang lain. Bahkan, ketika pria ditambahkan ke dalam permainan ini, mereka cenderung memberikan 60% uang itu kepada pria, dan 25% kepada wanita lain.

9. Lebih tertarik sama bad boy

Kristina Durante, profesor marketing di Rutgers Business School, New Jersey, Amerika Serikat menyatakan, ketika wanita dalam masa subur mereka akan lebih tertarik kepada bad boy. Bahkan meyakinkan diri sendiri jika mereka pria baik.

"Kami menemukan bahwa wanita yang sedang dalam pengaruh hormon ovulasi, pada dasarnya mereka menipu diri sendiri dalam pemikiran bahwa bad boy itu seksi dan lebih baik ketimbang cowok yang dapat diandalkan," ujar Durante.

10. Pria Anda jadi cemburuan

Penelitian University of Liverpool, Inggris, menunjukkan bahwa wanita tertarik semua hal berbau maskulin saat masa subur, seperti garis rahang jelas dan kuat, bibir tipis nan seksi, dada bidang, dan tubuh tegap. Maka tak heran jika pria Anda menjadi mudah cemburu.
(De)
Komentar