Lakukan 9 Hal ini Sebelum Umur 25 Tahun

Senin, 18 April 2016 06:00
Lakukan 9 Hal ini Sebelum Umur 25 TahunIlustrasi traveling sendiri @ctvnews.ca
Menginjak umur 25 tahun, bukan lagi waktunya Anda untuk bersenang-senang tak berarti. Seumuran ini, Anda sudah saatnya memikirkan masa depan.

Jadi sebelum Anda menginjak umur 25 tahun, ada baiknya jika Anda meluangkan waktu melakukan beberapa hal berikut ini agar Anda memiliki semakin banyak pengalaman di masa muda:

Jalan-jalan sendirian

Anda harus berani dan bisa ke mana-mana sendiri, terlebih jika memang itu untuk kepentingan pribadi. Pergi ke mana pun sendiri justru membuat Anda terlihat mandiri, pintar membawa diri dan dewasa.

Keluar dari rumah dan hidup sendiri

Akan lebih baik jika Anda sudah terbiasa hidup sendiri atau terpisah dari orangtua sejak kuliah sebagai anak kos. Cara ini punya efek besar yang mendewasakan pola pikir Anda.

Anda akan belajar membawa dan menjaga diri, apalagi jika sudah menghidupi diri sendiri, Anda akan semakin bertanggung jawab penuh atas kehidupan Anda.

Atur keuangan sendiri

Jika Anda sudah bekerja dan berpenghasilan, atur keuangan Anda sebijak mungkin. Jangan sampai masih bergantung pada orangtua, karena itu bukanlah hal yang dilakukan orang dewasa.

Jaga kesehatan dan bentuk tubuhmu

Hidup sendiri terkadang sulit, karena ketika sedang sakit, Anda tak akan bisa meminta tolong siapa-siapa. Jadi jagalah kesehatan, olahraga rutin agar tubuh bugar, tidak gampang terkena penyakit dan seksi.

Belajar masak

Keterampilan memasak akan sangat penting jika Anda ingin mulai mandiri dan hidup sendiri. Memasak adalah modal menghemat uang di hari tua dan bisa makan apa pun makanan yang Anda inginkan tanpa membeli.

Banyak menabung

Anda harus rajin menabung karena hidup membiayai sendiri. Gunakanlah uang secara bijak. Karena Anda tak tahu kebutuhan mendadak apa yang akan terjadi ke depan nanti.

Pergi traveling sendiri ke kota antah berantah

Bukan hanya melatih kedewasaan menjaga diri, namun hal ini juga meningkatkan kepekaan Anda terhadap sekitar. Anda juga bisa menambah teman, memperluas pergaulan dan Anda akan belajar banyak hal.

Ambil risiko pekerjaan yang menantang

Tak ada pilihan yang sempurna soal pekerjaan, mau tak mau Anda harus menghadapinya, tapi ingat suaikan dengan kemampuan dan kondisi Anda. Jika Anda cukup berani mengambil risiko, ambillah. Tak perlu merasa salah pilih, karena di sinilah Anda akan memiliki lebih banyak pengalaman bermakna.

Lepaskan perasaan negatif dan berhenti menggerutu

Lepaskan perasan negatif dari pikiran dan hati. Belajarlah lebih toleransi, fleksibel dan memaafkan. Tapi bukan berarti Anda jadi orang lemah.

Lepaskan pula orang-orang yang memberi pengaruh buruk dan tak membuat Anda bahagia.
(De)
Komentar