Cara Meminta Maaf Paling Ampuh

Selasa, 19 April 2016 07:00
Cara Meminta Maaf Paling AmpuhIlustrasi minta maaf @farketmez.com
Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga hubungan baik adalah memakukan permintaan maaf ketika terjadi suatu kesalahan. Sayangnya, tak semua orang mampu melakukan ini dengan baik.

Peneliti dari Ohio State University menunjukkan bahwa ada enam hal yang harus ada dalam permohonan maaf, yaitu: ekspresi penyesalan, penjelasan atas permasalahan yang terjadi, pemberitahuan akan pertanggungjawaban, menunjukkan penyesalan, tawaran untuk memperbaiki, dan permohonan maaf.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Negotiation and Conflict Management ini melibatkan 755 relawan yang telah diberi skenario hipotesis bisnis yang mewajibkan mereka meminta maaf kepada atasan dengan jenis permintaan maaf yang berbeda-beda.

Hasilnya, dua hal penting seperti mengakui kesalahan dan menawarkan untuk memperbaikinya adalah yang paling ampuh dalam ucapan perminataan maaf.

Sementara yang paling kurang efektif adalah ucapan maaf yang hanya sekadar permohonan maaf, dilansir dari laman Goodousekeeping.

"Hal yang paling menjadi perhatian adalah permohonan maaf mudah diucapkan. Tapi dengan mengatakan, 'Saya akan memperbaiki kesalahan itu,' Anda berkomitmen untuk bertindak memperbaiki kesalahan. Permohonan maaf memang berhasil, tapi Anda harus memastikan untuk memasukkan keenam komponen itu dalam permohonan maaf Anda," ujar peneliti Roy Lewicki.
(De)
Komentar