Tato Bikin Sistem Imun Tubuh Makin Kuat

Rabu, 20 April 2016 21:00
Tato Bikin Sistem Imun Tubuh Makin KuatIlustrasi wanita bertato @fashionfist.com
Selama ini tato dianggap sebagai hal yang negatif bahkan penyebar virus penyakit berbahaya. Namun diluar semua asumsi masyarakat tersebut, tato memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Dilansir dari Marie Claire, sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Human Biology, menemukan bahwa punya banyak tato membuat sistem imun tubuh bertambah kuat.

Studi yang melibatkan 24 orang wanita dan 5 orang pria dari umur 18 hingga 47 tahun dan ingin menato tubuhnya ini diambil sampel air liur sebelum dan sesudah di tato.

Para peneliti dari University of Alabama melihat level immunoglobulin, sebuah antibodi yang muncul ketika tubuh terkena infeksi, serta level kortisol, sebuah hormon stress yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Hasilnya respon tubuh ketika ditato justru kuat. Sistem imun tubuh seketika naik karena tubuh merasa stres ketika ditato. Hal ini memang membuat tubuh infeksi dan demam dalam jangka pendek.

Namun jika seseorang sudah pernah ditato beberapa kali, imun sistem akan makin kuat dan tak akan menemui masalah ketika tubuh kembali dihiasi tato.

Para peneliti melihat ada dua penyebab dibalik fenomena ini yaitu para penggila tato sama sekali tak cemas ketika akan ditato, sehingga tubuhnya tidak mengalami stres tapi justru membuat sistem imun meningkat.

Selain itu mereka memang jadi lebih kuat dari sebelumnya. Dalam jangka panjang, tubuh yang terbiasa dengan luka yang banyak, akan makin kebal dengan gangguan-gangguan kecil.
(De)
Komentar