3 Rahasia Umur Panjang Hingga 100 Tahun

Kamis, 21 April 2016 09:00
3 Rahasia Umur Panjang Hingga 100 TahunIlustrasi orang sudah tua @blog.trashbackwards.com
Gaya hidup saat ini banyak sekali yang tidak sehat sehingga tak jarang orang-orang tak lagi sehat dan terasa cepat tua meski dibanding usianya.

Berbagai riset perihal fakta sesungguhnya tentang rahasia orang yang panjang umur pun dilakukan. Salah satunya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC.

Dilansir dari Time, berikut tiga hal yang CDC dapatkan tentang rahasia orang panjang umur:

1. Jalani diet MIND

Diet yang merupakan gabungan antara diet Mediterania dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) ini dianggap sebagai salah satu yang sehat.

Saat menjalankan pola makan ini menu sehari-hari yang dikonsumsi seperti biji-bijian, sayuran, sayuran hijau, buah, ikan, minyak zaitun. Dan membatasi daging merah dan asupan manis, keju, margarin, gorengan. Diet MIND pun terbukti memangkas risiko terkena Alzheimer hingga 53 persen.

2. Rutin dan semangat berolahraga

Rutin berolahraga sejak kecil memiliki manfaat besar. Namun tak masalah juga jika saat berusia paruh baya serius berolahraga intensitas tinggi menurunkan risiko meninggal dini 13 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas sedang.

3. Menyadari bahwa hidup Anda berarti

Peneliti melakukan studi terhadap 136.000 orang di Amerika Serikat dan Jepang selama tujuh tahun. Mereka yang merasakan kehadirannya dalam kehidupan di keluarga dan masyarakat memiliki makna penting atau berguna ternyata mampu menurunkan risiko meninggal lebih cepat 20 persen dibandingkan yang tidak merasa seperti itu.
(De)
Komentar