6 Cara Hidup Hemat Agar Cepat Kaya

Sabtu, 23 April 2016 08:00
6 Cara Hidup Hemat Agar Cepat KayaIlustrasi membuat daftar pemasukan @brimg.net
Semua orang pasti menginginkan hidup berkecukupan bahkan lebih dari itu. Hidup berkecukupan akan membuat seseorang bisa memiliki berbagai barang yang dibutuhkan.

Sayangnya, tak sedikit pula orang nekat menghalalkan segala cara agar cepat kaya. Padahal ada cara berhemat yang bisa membuat Anda cepat kaya.

Dilansir dari merdeka.com, 5 cara hemat berikut bisa membuat Anda kaya raya dan berkecukupan di masa mendatang:

1. Tentukan prioritas kebutuhan

Menentukan prioritas dalam kehidupan merupakan salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menekan pengeluaran.

Jadi mulailah dengan mencatat apa saja keperluan Anda setiap bulan dan jangan memasukkan barang-barang maupun sesuatu hal yang bersifat hanya keinginan semata ke dalam prioritas.

2. Buat daftar pemasukan

Daftar ini berguna untuk memonitor seluruh uang Anda. Sebisa mungkin pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar uang yang disisihkan untuk menabung.

Hindari berutang karena mengalami besar pasak daripada tiang. Jika dilihat dari sisi psikologis, kebiasaan berutang akan menimbulkan perasaan cemas, tidak tenang, dan gelisah.

3. Hidup sederhana

Merdeka.com - Menjalankan pola hidup yang sederhana merupakan cara ampuh yang bisa dijalankan demi mempertahankan kekayaan Anda.

Jadi ubahlah pola hidup Anda yang konsumtif, terutama hanya karena gengsi. Anda tidak perlu gengsi memangkas banyak biaya untuk menabung.

4. Bawa makan ke tempat kerja

Biasakan membawa bekal dari rumah agar Anda bisa berhemat. Bahkan hal ini bisa mencerminkan bahwa Anda merupakan orang yang memiliki kebiasaan hidup sehat.

Dengan membeli makan di luar seperti kafe, restoran, atau warung, tentu Anda akan lebih boros karena harganya yang lebih tinggi dibanding masak sendiri.

5. Simpan kartu kredit dan ATM

Membawa kartu ATM maupun kartu kredit ke mana-mana bisa membuat orang cenderung memiliki keinginan untuk berutang atau mengeluarkan uang secara terus menerus.

Jadi sebaiknya disiplinkan kartu-kartu tersebut di rumah. Bawa uang secukupnya saja ketika bepergian.

6. Jangan remehkan uang receh

Perlu Anda ingat! Kumpulan uang receh bisa menjadi besar nominalnya. Kemungkinan uang receh juga bisa menyelamatkan Anda dari keadaan genting atau mendesak.

Anda bisa mengumpulkan uang receh dalam satu tempat tertentu, seperti toples bekas biskuit, celengan, pouch, dompet, dan lainnya. Ketika uang receh tersebut sudah berjumlah banyak, Anda bisa menukarnya dengan uang kertas.
(De)
Komentar