5 Kepribadian Berdasarkan Status Facebook

Sabtu, 23 April 2016 09:00
5 Kepribadian Berdasarkan Status FacebookIlustrasi membuka Facebook @forbes.com
Semakin berkembangnya sosial media, ternyata juga bisa menunjukkan bagaiman kepribadian seseorang lho! Bahkan terdapat ungkapan, statusmu mencerminkan kepribadianmu.

Sebuah studi yang diadakan oleh Brunel University dan dituangkan dalam Journal Personality and Individual Differences membuktikan ungkapan tersebut secara ilmiah.

Dalam survei yang melibatkan 555 pengguna Facebook ini juga melibatkan para psikolog untuk menemukan korelasi antara status dengan kepribadian mereka.

Dimana pada akhirnya para pengguna Facebook akan dimasukkan ke dalam lima ciri kepribadian: ekstroversi, neurotisisme, keterbukaan, persetujuan, dan kesadaran diri. Berkut ulasannya:

1. Orang yang ekstrovert (terbuka)

Sebagian besar statusnya mengenai kegiatan makan di luar, bertemu teman, dan berbagai hal konyol yang terjadi pada Anda.

Orang yang aktif membuka pembicaraan, luwes dalam pergaulan, dan ceria seperti ini menggunakan Facebook sebagai alat komunikasi dan berhubungan dengan orang lain.

2. Orang yang berpikiran terbuka

Status-statusnya berisi sharing mengenai artikel, berita, atau pun hasil karya kreatif. Netizen semacam ini lebih sering menggunakan Facebook untuk mencari informasi dan bukan untuk bersosialisasi.

3. Orang yang memiliki percaya diri rendah

Orang yang memiliki kepercayaan diri rendah, lebih sering mencantumkan soal kondisi percintaan mereka dalam status-statusnya.

Singkatnya, mereka pamer pacar atau pasangan sebagai bentuk perlindungan ketika dirinya merasa terancam.

4. Orang yang narsis

Penggunakan Facebook yang mengumumkan suatu pencapaian yang diraih, bisa memiliki rentang jenis yang beragam, mulai dari prestasi kerja hingga hal remeh macam mendekor ulang kamar tidur. Anda memamerkan pencapaian ini karena ingin mencari pujian dan perhatian.

5. Orang yang teliti

Jika Anda membanjiri Facebook dengan foto dan perkembangan anak dibanding foto diri sendiri, maka Anda dianggap pribadi yang teliti, berhati-hati, detail, dan agak waspada.
(De)
Komentar